Home Desa Selametan Dusun Sabrang Bendo dan Selametan Sumber Air

Selametan Dusun Sabrang Bendo dan Selametan Sumber Air

by administrator

Giripurno, Bumiaji – Selamatan merupakan sebuah tradisi ritual yang hingga kini tetap dilestarikan oleh sebagian besar masyarakat Jawa. Juga merupakan salah satu upacara adat Jawa yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah dan karunia yang diberikan Tuhan. Seperti yang dilaksanakan oleh warga masyarakat Dusun Sabrang Bendo, Desa Giripurno pada Minggu, 5 September 2021.

Sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan air yang diberikan Tuhan kepada warga Desa Giripurno khususnya Dusun Sabrang Bendo, warga masyarakat melaksanakan tasyakuran dan selamatan sumber mata air.
Namun pelaksanaan kali ini berbeda seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya selalu diadakan pagelaran seperti wayang kulit dan pengajian sebagai bentuk rasa bahagia dan rasa syukur masyarakat, namun dengan adanya pandemi covid 19 kali ini masyarakat hanya bisa melaksanakan tasyakuran di wilayah RT masing-masing dan beberapa di pusat sumber air. Tetapi, hal ini tidak mengurangi rasa syukur dan berterima kasih masyarakat kepada Tuhan atas limpahan rezeki berupa air yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari khususnya sebagai sumber irigasi pertanian Giripurno.

Related Posts

Leave a Comment